Saturday, December 1, 2012

All New Toyota RAV4 lebih dari sekedar perubahan

2013 Toyota RAV4 front three quarter 

Salah satu mobil yang ditunggu kehadirannya adalah generasi terbaru all new Toyota RAV4. Rumor mengenai kemunculannya pada ajang ini sudah berbedar beberapa bulan belakangan. Mulai dari foto prototipe yang sedang diuji coba, sampai foto brosur sempat tersebuar luas di dunia maya. Bahkan pihak Toyota sendiri sempat menampik kehadiran SUV terbaru tersebut di ajang LA Auto Show 2012.

Tapi fakta berbicara lain. Pada saat konferensi pers pabrikan Jepang tersebut memperkenalkan RAV4 terbaru di depan wartawan. SUV yang memasuki generasi keempat ini mendapatkan pembaruan di semua sektor, mulai dari desain, teknologi, sampai utilitas. Tentu ini dilakukan untuk dapat berkompetisi dengan lawan beratnya, Honda CR-V.

Desainer Toyota memodernisasi tampilan RAV4 terbaru. Kini SUV kelas menengah ini memiliki ‘wajah’ yang agresif, garis atap yang ‘halus’, dan siluet yang progresif. Pada bagian depannya SUV ini memiliki desain yang terlihat mirip dengan Toyota Auris generasi terakhir. Kesan gagah ditujukkan melalui bumper depan dan lampu kabut yang berbentuk lingkaran.

 
2013-toyota-rav4-rear-three-quarter 














Mobil ini juga terlihat atletis berkat fender depan dan belakang yang hadir dengan bentuk yang menggembung. Dan kesan gagah coba ditujukkan melalui penggunaan pelek berukuran 17 inci atau 18 inci sebagai opsional. 


Jika bagian moncong RAV4 terbaru ini terlihat seperti Auris terbaru, maka tidak begitu dengan bagian belakangnya. Di bagian ini desainer Toyota menampilkan desain yang benar-benar segar.

2013-toyota-rav4-interior-1 














Lampu belakang LED dengan bentuk menarik diletakkan secara horizontal. Detil desain juga diperhatikan dengan kehadiran garis membentuk kurva dan seolah-olah menjadi ‘jembatan’ antara lampu belakang kanan dan kiri.

Di sektor kabin Toyota menghadirkan desain dasbor yang asimetris dan berorientasi pada pengemudi. Semua tombol pengoperasian yang bersifat primer dan sekunder diletakkan tak jauh dari jangkauan pengemudi.

Sementara itu dasbor di bagian penumpang depan didesain untuk menciptakan kesan lapang. Pada bagian panel instrumen terdapat pencahayaan berupa iluminasi yang berwarna biru cerah. Indikator berupa takometer, speedometer, dan bahan bakar disajikan dengan tampilan standar.

Pada RAV4 tipe Limited terdapat roda kemudi yang berbalut kulit dan telah dilengkapi dengan beberapa tombol pengoperasian. Tak hanya itu saja di varian termahal ini Anda akan mendapatkan fitur Bluetooth dan Multi-Information Display (MID). Sedangkan untuk RAV4 dengan tipe LE dan XLE hadir dengan setir urethane. Jok RAV4 XLE dan Limited dibalut oleh kain berkualitas premium yang dijahit dengan gaya Prancis.
    2013-toyota-rav4-cargo-area

 












Terobosan teknologi juga dibenamkan ke dalam tubuh generasi terbaru RAV4 ini. Seperti sistem multimedia Entune yang ditampilkan melalui layar LCD berukuran 6,1 inci. Lalu juga diaplikasikan sistem keamanan BSM (Blind Spot Management) yang akan membantu pengemudi ketika ingin berbelok atau berpindah jalur. Sistem ini akan memberi peringatan bila ada kendaraan di blind spot ketika pengemudi akan berpindah jalur atau berbelok.

Untuk mesinnya, pihak Toyota tak lagi menawarkan mesin V6. Sebagai gantinya terdapat unit berkapasitas 2.500 cc 4 silinder yang mampu memproduksi tenaga 176 dk pada 6.000 rpm. Mesin tersebut akan ditemani oleh transmisi otomatis Sequential Shift dengan 6-percepatan.
 

Lihat Video :

0 comments:

Post a Comment